TIPS & TRICK

Nggak Perlu Bayar Mahal! Ini Tips Menekan Biaya Foto Pre-wedding Mu!

Setelah beberapa bulan yang lalu iseng bikin foto-foto ala prewed ini, akhirnya kesampean kelarin blog ini. Udah lama banget ada di draft. wkwkwk..

So, here

Di jaman yang semakin modern ini, kegiatan foto prewed sebelum kamu menikah gak bisa dihindari/dihilangkan. Ini sudah menjadi tradisi! Dan pasti merasa persiapan pernikahan kurang lengkap kan klo kamu dan pasangan belum melakukan foto pre-wedding.

Walau kegiatan foto pre-wedding terkesan sebagai sebuah tradisi/keharusan, tidak sedikit beberapa pasangan yang bingung untuk memutuskan apakah mereka perlu melakukan sesi foto tersebut karena mereka merasa hal ini hanya membuang biaya dan tidak terlalu berguna dan juga karena dana pernikahan mereka terbatas. Selain harus menyewa fotografer, calon pengantin pun juga harus menyewa gaun/jas (jika tidak punya), menyewa jasa make up, dan membayar lokasi foto. 

Aku iseng-iseng nih coba bikin foto ala-ala prewed sendiri. Ya walaupun ini bukan foto prewed ku (INGET LOH! Ini hanya salah satu contoh foto prewed yang kami buat dengan teknik dan ilmu fotografer amatiran. Syukur-syukur buat nambah referensi sendiri :D) heheh, tapi senang aja ngelakuinnya. Sekalian cari pengalaman dan jadi portofolio ku jika suatu kelak nanti aku memutuskan berhenti jadi karyawan di kantor dan menjadi freelancer. AHAYYY!

Kami fotoan berdua tanpa bantuan orang lain. Hanya bermodalkan kamera tanpa tripod. Kamera yang kami gunakan Canon EOS 70D.

Nah, aku mau bagi tips nih, supaya budget foto prewedmu, tidak terlalu mahal. Kamu tak perlu memakai jasa fotografer profesional!

Kamera

Gunakan kamera pribadi milik kalian. Bisa itu kamera dlsr, kamera pocket atau kamera mirrorless, go-pro/kamera action lainnya, atau menggunakan handphone yang memiliki kamera yang canggih juga bisa.

Klo dari semua item itu kalian tidak punya, coba pinjam dari teman atau saudara kalian. Tapi ingat, di jaga hati-hati jangan sampai rusak. hahaha

 Tripod

Gak mungkin kan kalian ambil foto prewed kalian secara SELFIE? Kurang estetik kan?? Jadi gunakan tripod. Klo gak punya tripod, banyak cara yang bisa kalian gunakan. Contohnya, taruh aja di atas benda-benda sekitar area kalian foto. Klo kurang tinggi, ya diakalin aja deh taruh benda-benda lagi di bawah kamera kalian.

Gunakan timer yang ada di kamera kalian atau remote dari hape kalian jika kameranya mendukung wireless connection. Jangan lupa buat di setting-setting dulu kameranya sebelum berfoto, supaya hasilnya fotonya bagus. Lebih bagus lagi klo kalian bisa minta bantuan teman/ saudara kalian untuk ambil gambar kalian.

Lokasi foto

Pilih lokasi foto sesuai dengan tema foto keinginan kamu dan pasangan. Aku sih saranin foto di outdoor di pagi hari dan Siang hari aja supaya lighting nya bagus karena kan ga punya perlengkapan foto yg selengkap fotografer profesional klo foto di indoor (kecuali ruangannya masuk cahayanya banyak ya). 

Dresscode + Make up

Gunakan pakaian yang senada dengan pasangan supaya foto lebih ciamik. Nah, aku ada saran soal dresscode. Klo kalian foto di tempat wisata, cafe atau hotel (di area hotel bukan kamar ya, klo di dalam kamar kan kemungkinan kecil ga ketahuan sama staff hotel), biasanya ada fee tambahan untuk lokasi foto tersebut (beberapa tempat aja sih yang kek gitu), dan harganya lumayan mahal, apalagi klo kalian keliatan banget lagi foto prewed pake gaun yang panjang dan jas rapih-rapih gitu. Supaya gak terlalu nyentrik, pake aja baju yang casual dan terlihat santai tapi tetep cantik dan ganteng. Jadi cuma bayar tiket masuk biasa aja deh.

Untuk make up, jika kalian punya dana lebih bisa pake MUA. Klo bisa make up sendiri malah lebih bagus, atau minta bantuan teman/saudara untuk make up‘in kalian.

Jangan lupa tambahkan properti foto untuk memperindah foto kalian.

Aplikasi edit foto + Cetak foto

Setelah selesai sesi foto, kalian bisa edit foto kalian lewat laptop/notebook kalian pake aplikasi foto seperti photoshop, dll untuk memperindah hasil foto kalian. Atau edit dari handphone juga bisa, tapi cari aplikasi edit foto di smartphone kamu yang gak akan mengurangi resolusi dan size dari foto aslinya.

Lalu setelah selesai di edit, klo kalian mau cetak, tinggal bawa aja ke tempat cetak foto. Biasanya sih untuk cetak foto ukuran besar kisaran harga 300ribu-1juta’an, tergantung ukuran foto yang dicetak. Jadi coba pintar-pintar cari tempat foto dengan harga yg lebih affordable. Sekarang juga sudah banyak kok tempat cetak foto secara online, jadi tinggal duduk manis di depan komputer liat deh mana yg lebih murah,  trus klo udah oke sama harganya, langsung upload aja foto yang mau di print di website tersebut dan tinggal pilih ukuran. Klo sudah jadi, ambil deh ke tempat/diantar ke rumah kamu. 

Plus minus foto prewedding sendiri: 

Plus

  1. Lebih murah pastinya.
  2. Bisa ambil foto sebanyak mungkin dan selama mungkin yang kita mau. Karena klo sama fotografer professional, pasti ada batasan waktu dan batasan jumlah foto yang diambil.
  3. Klo kamu gak pede/malu difotoin orang yang gak dikenal sebelumnya, ini alternatif terbaik buat dilakuin. 

Minus-nya, yaaaa hasil fotonya kurang sebagus yang diambil foto professional dan agak lumayan ribet karena harus atur2 semuanya berdua sama pasangan (kecuali klo kamu minta bantuan teman/saudara buat bidik foto kalian ya). hihihi

Jangan lupa untuk latihan bergaya dan mimik wajah ya sama pasangan sebelum melakukan sesi foto prewed, supaya fotonya lebih terlihat real dan natural

Semoga bermanfaat ya, dan selamat mencoba! πŸ™‚

Satu lagi, jangan lupa mampir ke instagram kami @catoclo.id, disitu kami upload semua portofolio kami. Klo kalian butuh difotoin dengan harga terjangkau sesuai budget, kami siap dan senang membantu. πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *