JAKARTA Travel

One Day Trip – Pulau Kelor, Onrust, Cipir

Kali ini, gue mecoba untuk menjelajahi tempat wisata yang ada di Jakarta. Selain karena jarak yang lumayan dekat, juga dikarenakan waktu libur yang sedikit cuma di tanggal merah ajah. (iyaaa nih, masih belum dapat jatah cuti karena baru pindah kantor, hiksss hiksss).

And the destination goes to…… KEPULAUAN SERIBU!!! Kenapa gue pilih ke sana? karena udah rindu banget liat pantai.

Nah, perjalanan gue ke Pulau Kelor, Onrust dan Cipir ini menggunakan jasa travel yaitu Shine Tour & Travel. Gue pesen melalui  ‘myfave‘. MyFave ini adalah web yang menjual berbagai jenis voucher mulai dari makanan, jasa kecantikan, jasa kesehatan, trip, dsb dengan harga yg lebih murah dibandingkan harga normal/aslinya. Kalian bisa kunjungi https://myfave.com/ atau download aplikasinya dari apple store atau play store.

 

Gue dapat harga untuk one day trip ke Pulau Kelor, Onrust dan Cipir ini seharga Rp 75.000/ orang  dimana harga normalnya Rp 100.000. Lumayan murah kan. Jadi bisa save money buat beli jajanan. hehehhe. Harga sudah termasuk kapal penyebranganya PP, tiket masuk 3 pulau, dan guide local. Guide localnya ramah dan baik banget, jadi dia selalu mengusahakan agar kita bisa berangkat lebih awal ke setiap pulau sebelum rombongan-rombongan dari agen-agen lain datang. Jadi kita bisa puas foto-foto sebelum pulau tersebut ramai dan akan membuat hasil foto kalian bocor. heheheh

Nah, meeting point klo mau trip ke Pulau Kelor, Onrust dan Cipir adalah di Muara Kamal. Untuk akses ke sana kalian bisa naik kendaraan pribadi (tapi lumayan susah buat dapat parkir, karena ini pasar ikan dan lahan parkirnya terbatas), atau naik transportasi umum.

Klo naik Transjakarta kalian bisa naik bus ke arah Kalideres, lalu turun di Halte Rawa Buaya. Lalu lanjut lagi naik angkutan mobil camry ke muara kamal dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit atau bisa menggunakan transportasi online. Gue sih kurang tau ya harga ongkos naik mobil camry itu. Klo gak salah denger sih Rp 6.000-Rp 10.000 lah, dan mobil ini jalan klo udah penuh (jadi jauh akan lebih lama klo gak hoki) .

Yang kedua kalian bisa naik KRL Commuterline. Gue sih waktu itu naik ini dengan rute sebagai berikut:

  • Naik KRL commuterline ke arah stasiun Duri, lalu transit ke arah Tangerang turun di stasiun Rawa buaya.
  • Lalu karena perginya ramean, jadi kami naik transportasi online, yaitu grabcar/go car dengan tujuan ‘Pasar ikan lelang Kamal Muara’

Setibanya di sana, jalan kaki ke arah gedung biru. Disitu deh tour guide nya nungguin kita untuk registrasi ulang dan briefing. Pastikan bawa print e-vouchernya ya. Kumpul jam 7 pagi di sana untuk registrasi ulang dan briefing, lalu jam 8.00 berangkat deh ke tujuan pertama yaitu Pulau Kelor menggunakan kapal nelayan.

Trip ini cuma sampe jam 3 aja. Untuk makan siang, kalian bisa bawa bekal sendiri, atau bisa juga beli di sana, ada warung nasi di Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Ya selera makan orang2 kan berbeda-beda jadi klo mau cari makanan enak alangkah baiknya bawa makanan sendiri agar tidak mengeluh. ciaaaaattt

 

Nah, untuk itinerary, ada di bawah sini ya:

 

Selain menikmati keindahan alam di 3 pulau tersebut, kalian juga bisa mengetahui sejarah-sejarah mengenai pulau tersebut.

Klo soal pemandangan yang bagus, gue lebih suka Pulau Kelor, krn airnya yg masih biru, pasir yang putih dan masih punya pantai, jadi bisa main2 air. Karena ada beberapa pulau yang hampir seluruh lingkaran pulaunya sudah dipasang pemecah ombak untuk mengurangi abrasi.

 

 

 

 

Klo pulau onrust, karena sudah dipasang pemecah ombak disekeliling pulau untuk mengurangi abrasi. Konon katanya luas pulau Onrust ini adalah seluas 7 hektar, namun karena adanya abrasi laut, sekarang luas dari pulau ini hanya tinggal 4 hektar. Makanya pemerintah DKI Jakarta membangun pemecah ombak agar tidak ada pulau yang hilang karena abrasi laut. Oleh karena itu pulau Onrust tidak memiliki pantai. Di pulau ini ada tour mengenai sejarah pulau ini dan dipandu oleh security di sana yang tinggal 24 jam di sana..

 

 

Sedangkan pulau Cipir, ada area pantainya, walau area pantainya tidak luas, kalian masih bisa main water sport di sana. Ada banana boat dan sofa boat dengan biaya Rp 35.000-40.000 per orang. Selain itu kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan dari sisa-sisa bagunan tua.

 

Kira-kira, ada pulau apa lagi yang di Kepulauan seribu yang bisa dikunjungi selain 3 pulau ini, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pramuka yang asik buat dikunjungi? klo ada saran bisa comment di post ini, atau email ke hello@crunchymilkcream.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *